cewek sunda

Sebenarnya ini murni karena saya merasa risih. Maaf kalo ada yang merasa tersinggung. Maaf kalau ada yang tidak suka.

Ketika kuliah saya banyak bertemu dengan teman-teman yang berasal dari luar Bandung, dari mulai sabang sampai merauke, bisa dikatakan demikian. Dari beberapa obrolan dan cerita teman-teman, saya banyak menemukan anggapan bahwa orang sunda atau lebih tepatnya cewek sunda terkenal dengan sifat matrealistis, suka memanfaatkan, pamer, mementingkan gaya daripada otak, tidak suka bekerja keras dan masih banyak komentar-komentar buruk lainnya. Misalnya saja saya beberapa kali menemukan komentar seperti ‘saya selalu dinasehati kalau bisa tidak berpacaran dengan cewek sunda’ atau ‘bisa lah dapetin cewek sunda yang cantik tuh gampang asal tajir pasti bisa dapet’ atau lebih parah lagi (saya baru tahu hari ini) salah satu teman saya yang dulu berpacaran dengan orang sumatra dan menetap di Bandung, mereka akhirnya putus setelah tiga tahun berpacaran. Setelah ditanya lebih jauh ternyata dia mengatakan ‘ saya dari awal memang tidak berniat serius apalagi sampai menikah dengan dia, karena dia wanita sunda’,,hhfff..

Sedih banget rasanya. Tapi saya percaya tidak ada asap kalau tidak ada api. Apa yang menjadi anggapan orang kebanyakan itu berasal dari apa yang dilihat dan apa yang dirasakan orang kebanyakan. Saya tidak tahu apa latar belakang sejarah atau budaya yang membentuk itu, tapi saya melihat sendiri memang banyak wanita-wanita sunda yang saya temui di kehidupan sehari-hari yang memang cocok dimasukan pada kategori wanita yang disebutkan diatas.

Tapi tolong, untuk yang masih beranggapan semua wanita sunda seperti itu, saya bisa dengan lantang mengatakan bahwa saya berdiri diatas kaki saya sendiri, saya akan berjuang mendapatkan apa yang saya ingingkan sendiri dan saya membutuhkan seorang PARTNER agar bisa saling mendukung mencapat tujuan masing-masing dan bekerjasama untuk mencapai tujuan dan mimpi-mimpi bersama. Untuk itulah saya akan menikah. Dan saya tau masih banyak wanita-wanita sunda lainnya yang berpikir sama dengan saya. Jangan sampai paradigma yang sudah terbentuk selama ini membuat seseorang atau banyak orang sunda kehilangan kesempatan dan ketidakadilan hanya karena ‘dia wanita sunda’. Dan untuk para mojang-mojang sunda, ayo tunjukan kalau kita bukan wanita yang seperti disebutkan diatas. kalau jodoh ga kemana,, heeuuheeuu..salam damai :D

63 komentar:

nayasari aissa mengatakan...

aku baru tahu loh, beneran
ternyata efeknya gede banget

Anastasia mengatakan...

eh nit baru baca blog lo... ahaha..temen lo yang putus gara2 cewenya cewe sunda mah nyari pembenaran aja...
ayo nit buktikan kamu tidak!

chrztn mengatakan...

ahh itu mah alibi nit.. mana ada cerita ky gitu.. hihiii!

diansekartaji mengatakan...

nit, skedar sharing aja nih, gw anak dari jawa sunda, bapak jawa dan ibu sunda. Ketika bapak masih bujang dulu sering banget dijodoh2in sama cewe sunda, tp Beliau selalu menolak. Karena cewe itu sunda. Hmmm tapi kenyataannya malah kawin ama nyokap gw jg (kemakan omongan sendiri).

Gw emang lebih sering menyebut diri gw cewe jawa, karena apa? karena ya sama seperti lo, sering bgt org pada negatif thingking ttg sunda. Tp terkadang gw mikir memang ada benarnya jg, karena gw hidup diantara dua suku yang berbeda pula. Cuma semua suku punya masing2 kelebihan dan kekurangannya. Jadi kenapa pula harus gak bangga jadi cewe sunda.

Pernah jg sih gw tanya pada seorang teman, dia ga suka banget sama orang sunda. Ya karena alasan2 yg td lo blg. Walaupun udah gw jelasin mengenai suku gw itu, dia tetep aja blg "pokoknya gw ga suka ma org sunda". Nah orang kyk gini yang namanya rasis. Jadi mendingan ga usah diambil pusing.

Banyak yang bilang lo nit, cewe sunda itu geulis2, hehehe... dan tunjukkan bahwa ga semua orang sunda seperti yg org pikirkan, :)

Monica mengatakan...

Saya sependapat dg mbak.
saya jg org sunda,
bahkan saya br mendengar bahwa wanita sunda itu matre, licik, dll itu baru kmrn, ktika tmn2 saya brbicara soal suku.
saya rasa tdk semua wanita sunda sprt itu, banyak jg wanita2 diluar sana yg bkn sunda memiliki sifat sprt itu.

ayo deh mbak, kita bersama2 tunjukan kpn suku lain, bahwa WANITA SUNDA TIDAK SEMUANYA MATRE.

wild mengatakan...

Saya orang jogja dan pacaran sm cew sunda. ga benar kalo cew sunda itu matre dll. semua tergantung orangnya.. doain tahun ini kami nikah ya...

hery mengatakan...

Cewek itu 95 % matre , itu juga kadar kematreannya bertingkat-tingkat tidak memandang dari suku mana-mana/ bule,Kalau yang udah banyak terbukti mah cewek yang bener-bener solehah yang nggak matre mah (5%) , bukan juga dilihat dari dia berpakaian jilbab, jangan tertipu sama penampilan luar dehh

Anita Yuliana mengatakan...

benar, matre tidak memandang dari suku mana-mana, bukan juga dilihat dari jilbab, dan bukan pula soal GENDER :)

Front Aris mengatakan...

Aris Front
Menerut saya cerita itu bnyak saya dngar dari mulut ke mulut tapi bagi cewek sunda yang baik sifatnya jga terkena dampak dari isu cwek sunda matre, sangat di sayangkan sekali, padahal ga semua cewek sunda sprti itu, semoga anda jg cewek baik2, jaga lah image perempuan sunda, dengan tutur kata yang halus lembut ..

Belajar Islam mengatakan...

share dikit ya, saya mahasiswa asli dari makassar setahun yang lalu saya ke bandung karena tante saya (asli sunda) meminta saya kesana supaya silarurahim keluarga tidak putus. sayapun memberanikan diri kesana walaupun saya tidak pernah ke bandung yang menambah kemantapan saya berangkat karena kata orang2 cewe sunda khususnya cwe bandung cantik2 dan ramah2 hehehe

Setelah saya sampai dibandung saya merasa nyaman karena udaranya sejuk (tidak panas dan tdak dingin) sypun nginap 3 hari di rumah tante saya, saya rasa 3 hari sudah cukup untuk bertemu keluarga jauh karena saya jua mau ke jakarta untuk ketemu kakek disana.

Sebagai anak muda saya tidak melewatkan kesempatan baik ini untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai bandung khususnya cewe2 bandung hehehe.......

dan dari keberanian dan percaya diri yang tinggi saya mencoba untuk mulai membaur dengan lingkungan yang baru bagi saya dan ternyata lingkungan merespon saya dengan baik tak terkecuali cewe2 bandung, mereka sangat ramah dan sedikit terbuka kepada org baru.

Selang hari ke dua sayapun dapat kenalan dan lebh akrab dengan salah satu mahasiswa UPI jurusan psikologi ankatan 09 sebut saja namanya Andarini. dari dialah saya juga cukup banyak belajar mengenai budaya sunda.dia kelihatan sangat sederhana tidak matre bahkan kadang saya diberi saran untuk mempergunakan waktu dan uang dengan baik.

menjelang hari ketiga saya meminta ketemuan lagi dengannya dan sebagai tanda persahabatan saya memberinya cenderamata yang saya rasa cocok untuk dia hehehe

hubunan persahabatan kami terus berlanjut hari demi hari melalui telepon tetapi menjelang minggu ke 3 dia tidak pernah merespon saya lagi semenjak saya mengiriminya sms renungan islami.

selama 2 bulan tlpn dan sms saya tak lagi direspon sayapun merasa dia tidak mau lagi menjalin persahabatan dengan saya tulah yang membuatku tak lagi menghubunginya dan nomor hapenya pun sudah saya hapus.

Tapi beberapa bulan kemudian saya nyesel hapus nomornya, teringat kecantikan keramahan dan tutur kata yang halus membuat sy kengen tapi udah ga bisa lai. dari sinilah saya akan berankat kembali untuk mencari andarini yang lain.....hehehe

salam hangat

refatulisan mengatakan...

Saya pun beranggapan bahwa perempuan sunda tuh matre (just my opinion), makanya saya sedang meneliti kasus ini dari perspektif budaya lewat skripsi saya... :)

Bastian mengatakan...

Saya keturunan Sunda. Ibu saya Sunda. Saya bergaul dengan banyak teman dari berbagai suku. Dan saya memahami bagaimana pandangan orang tentang cewek Sunda. Perempuan Sunda punya keunikan tersendiri yang karena itulah sebagian orang ada yg benci dgn perempuan Sunda, tapi toh banyak juga yg menyukai. Soal matre, ya itu udah fitrah semua perempuan lha. Kecuali kl si cowok emang dari sononya pelit alias perhitungan alias pamrih atau mungkin tergolong cowok pussy.
Bukan membanggakan diri, tapi saya emang meneliti, bahwa orang Sunda (khususnya perempuan) memang senang membuat dan menghibur orang lain--termasuk memuaskan pasangannya, sehingga menjadi terhibur dan senang pd dirinya. Humoris, dandan, centil, enerjik, senang menjadi pusat perhatian, dsb. Mereka memang senang apabila orang di sekitarnya suka dan senang dgn keberadaannya. Bagi sebagian orang, itu diterima sebagai tanda murahan. Mereka menganggap semua sinyal2 keramahan itu justru dianggap sebagai murahan? Laki2 yg mudah terpaut oleh kecantikan, justru biasanya ga menjadikan isi kepala yg menjadi daya tarik utama. Ini terjadi di semua suku dan bangsa.

Sunda memang lebih "berwarna", bisa dilihat dari seni. Mereka lebih centil, lebih berwarna, lebih bervariasi. Dan lagi, Sunda tidak ekstrem dlm menganut sistem keningratan, justru malah dibebaskan berekspresi.

Wanita Sunda memang unik termasuk dalam bersosialisasi dgn lawan jenis. Mereka termasuk yg memiliki appeal yg unik tidak saja dalam sex, namun juga dalam penampilan dan pergaulan. Keramahan yang mereka berikan, terimalah itu sebagai hal yg sudah menjadi kebiasaan buat mereka. Jdi jangan GR dlu kl di kasih senyum sama cewek Sunda. Itu tanda mereka menghargai anda. Kl anda tergoda, itu urusan anda. Mereka menggoda (flirt) dengan cara mereka sendiri, dan itu sebetulnya sangat indah kl diamati. Tapi coba tanya para cowok, apa yg mrk sukai dari cewek2 Bandung? Cowok2 pussy cuma tau soal hasrat. Pdhal mereka mesti belajar lebih banyak ttg arti bersosialisasi dengan perempuan, termasuk dengan perempuan Sunda. Perempuan Sunda itu indah, sama seperti perempuan2 lainnya.

aksaraini mengatakan...

Saya perempuan Jawa yang 8 tahun kuliah s1 dan s2 di bandung. saya punya sahabat perempuan sunda yang centil dan hobinya selingkuh, terakhir selingkuh sama suami orang dengan pembenaran macam2. saya juga lihat dia minta2 macem2 sama pacarnya. Kalau begitu masuknya ke matre atau nggak ya?

selain dia, ada juga teman sunda perempuan di kampus saya yang nyaris sempurna. cantik, ramah, gak pilih2 teman, pintar, sabar, dari keluarga berpendidikan dan berkecukupan, berpendidikan tinggi (skrg s3 di jerman) dan dia jauh dari matre atau penjilat.

saya pernah diskusi juga sama cowo sunda kaya, dia bilang pada dasarnya cewe sunda dibagi 2, yang berkecukupan dan berpendidikan serta yang (maaf) dari golongan bawah dan dididik matre oleh lingkungannya. kalau yang kategori kedua, bahkan saya pernah diceritakan bahwa dia saat kecil dadanya di stumulasi dgn air hangat dan dingin biar nanti kalau sdh besar dadanya montok bahenol bikin cowo napsu. jadi jangan salahkan si ceweknya juga, toh lingkungannya membentuk dia menjadi materialistis dan mengandalkan kecantikannya kan?

Bahkan temen saya yang cowo sunda kaya itu juga diwanti2 sama ortunya untuk gak nikah dengan ce sunda jenis itu.

Isu inipun pernah saya diskusikan dengan sahabat saya lainnya yang ce sunda. dia pun pintar menarik dan independen, tapi diapun melihat banyak ce sunda yang matre..

samin soerosentiko mengatakan...

aku orang solo nikah sama wanita sunda sudah 11 tahun, setelah banyak berinteraksi dengan keluarganya yg sunda asli, dengan berat hati aku bilang... iya... sifat dasar mereka memang matre... satu lagi sifat mereka... mereka mencari kejelekan suku lain.. tapi kalau di kritik tidak terima...

nickz2289 mengatakan...

Saya orang sunda. Ga semua orang Sunda seperti itu. Orang luar sunda juga ada yang matre. itu namanya oknum. Saya malah kasian sama perempuan Sunda. Perempuan Sunda cantik2 dan mudah akrab.. itu fakta.., tapi sayang karena sifatnya yang mudah akrab kadang sering disalahgunakan oleh orang lain.. Setiap suku juga punya stereotifnya masing-masing sebenernya. Misal: orang jawa sensitif, mudah tersinggung, kalau kerja udah kesinggung jadi ga bener kerjanya. Atau orang Minang pelit, orang batak emosian, dll. Saya dulu percaya mitos itu. Tapi pas saya kuliah dengan teman2 saya yang berasal dari suku yang berbeda-beda, mitos itu semua runtuh.

CyberNet mengatakan...

sayang saya ga punya knalan orang sunda
saya bener2 pengen buktiin mitos itu
gmn carany agar bisa knalan ama gadis sunda

dede kurniawan mengatakan...

cantik itu butuh biaya perawatan , gak salah kalo cewek itu matre,hanya lelaki kere yg bilang cewek itu matre.

niko_nick mengatakan...

memang tidak bisa digeneralisasi...sifat negatif pasti ada di setiap suku atau etnis...tapi maaf, sekedar share, saya pernah kuliah di Bandung, dan rata-rata temen saya yang pendatang memang punya pengalaman seputar sifat materialistis tersebut...saya sendiri punya pengalaman, dulu kenalan sama cewe satu kampus tapi beda fakultas, saya basa basi pengen main kekostnya, saya tanya" kamu mau ikan bakar gak??saya lagi makan di warung ikan bakar...." dia jawab, "iya mau, kesini aja mampir"... akhirnya saya bawain deh ke kostnya. di kostan ramah banget...trus saya pulang, 1 jam kemudian saya telp gak diangkat, saya sms 1x gak dibales, sms ke 2 baru dibales dengan jawaban jutek "sorry, jangan ganggu donk, gw lagi sibuk"... besoknya saya sms lagi gak dijawab...ya sudah good bye deh... segitunya demi ikan bakar bersikap ramah, hahaha... tapi saya yakin gak semuanya kok

niko_nick mengatakan...

oh iya cewe itu anak Fikom Unpad, ngakunya selain kuliah dia penyiar radio di Subang...baru jadi penyiar aja udah kelaguan.... kalo dipikir2 sih, cantik juga nggak, standar lah, cuma menang di berani...maklum orang sunda kan berani2 (tanda kutip)

niko_nick mengatakan...

kostnya di Hegarmanah (belakang Puskesmas Jatinangor)... mudah2an dia baca komen saya.... dan mudah2an sifatnya udah berubah...hahaha....kasian juga sih, mungkin dia lagi kelaperan waktu itu...orang Sunda kan menang gaya doank, tapi duit engka...:-p

niko_nick mengatakan...

memang cuma sekedar ikan bakar, tapi pengalaman dengan cewe dari suku atau etnis lain, kalo dianya memang dari awal gak suka, pasti menolak apapun pemberian kita... bukan malah memanfaatkan seperti itu, didepan manis, beberapa jam kemudian setelah kenyang berubah...:-p apakah begitu tipe orang Sunda?

niko_nick mengatakan...

oh iya satu lagi, kalo sama orang jawa benci banget... saya orang manado, dulu temen2 saya orang jawa dan temen2 Bandung atau Sunda kalo mandang temen2 saya yg dari Jawa keliatan dari matanya sinis gitu...secara temen2 saya yg orang Jawa stylenya agak ndeso dan yg Sunda gaul2 abis, padahal otaknya jauh ama yg temen2 dari Jawa...satu lagi, dari sma saya perokok, kebiasaan di Jakarta kalo ngerokok ya mereka yang orang Sunda saya tawarin, begitu terus sampe mereka jadi sering minta, saya sih gak masalah, tapi pernah sekali pas temen saya yg Sunda minta rokok, saya gak sengaja liat di kantongnya keliatan sebungkus rokok...itu bukan seorang dua orang, tapi rata-rata temen saya yang Sunda kalo ngeluarin rokok pasti sebatang, yg di bungkus rokok pasti gak pernah dikeluarin...abis itu saya gak pernah kasih lagi ke temen2 saya yg Sunda, walau keliatan mereka rada jauhin saya...emang gue pikirin, disini (bandung) loe begaya, kalo di Jkt udah abis loe digebukin...

billy long mengatakan...

ya bener mas bro.. emang gk bisa dipungkiri cwe sunda memang kebanyakan matre tingkat dewa, yah paling cuma 2% aja yg gk matre.
kan udah ada moto hidup mereka ''ada uang abang sayang nggk ada uang abang tendang'' ini kalimat sakti yang sudah teruji kebenarannya tak perlu diragukan.
ane sih dapet dari pengalaman sepupu yang nikah ama orang sunda,
jadi dulu tuh pas nikah sepupu ane kaya raya,punya ternak sapi dan toko bahan bangunan hingga bisa narik hati tuh cwe sunda,
mereka nikah dan punya 2 anak, nah dirumah tannganya itu suka berantem lantaran siistrinya suka jalan ama temen2nya,diantara temen2nya itu ada laki2 yg akrab kelewat bates ama dia suka janjian ktemuan , kesel tuh sepupu ane dia hajar tuh istrinya (maklum betawi kalo marah kan kasar)disertai cacian yg berbunyi ''dasar cwe gk tau diri '',.
5 tahun berlalu sepupu ane usahanya bangkrut karna sebab tertentu, bukannya membantu,mendukung,menghibur suaminya istrinya malah smakin menjauh gitu, suka pergi2an gk jelas, hingga akhirnya terbongkar sudah segala kebusukan tuh orang sunda, ya dia selingkuh dengan pria lain yg lebih kaya. kekecewaan yang mendalam dirasakan oleh sepupu ane dia pukulin istrinya sampai ampu2 setelah puas dia ceraikan dan dia usir dari rumah dengan tidak mengijinkan dia membawa anaknya,
kasian keponakan ane dia jadi korban untung masih ada neneknya yg setia merawat dia.
sampe sekarang terdengar kabar klo mantan istrinya sepupu ane itu nikah ama selingkuhannya, dan taukah agan akhirnya cewe sunda itu ketiban karma, dia dicampakan diselingkuhi oleh suaminya, jadilah dia menjanda sekarang dan hidup dengan keluarganya dikampung berkismin2 ria, dan keluarga besar ane hanya bisa menahan gelak tawa kegembiraan karna melihat jalan hidup tuh cewe sunda, akhirnya sepupu ane mampu bangkit lagi dia buka lagi usaha ternak sapi dan ruko2 untuk disewakan, dan tentunya sekarang dia sudah memiliki istri cantik dan kaya yang tau diri yang jelas bukan dari orang sundel eh sunda maksudnya.

masih ada lagi kebusukan sunda yg ane tau

billy long mengatakan...

ada lagi nih..nyokap w dibandung kan buka usaha menjahit baju, belasan orang karyawannya itu ramah2 baget ama gw sering ngobrol2,cerita2 gitu, dan salah satu yg sering ngobrol2 sama w itu sebut saja teh x, disepanjang pembicaraan dia bercerita kalo dia itu udah nikah sama orang kebayoran (jakarta selatan) suaminya itu kerja disana dan pulangnya sebulan 2x sampai sekali, dari hasil pernikahannya itu teh x ini dikarunia 1 anak perempuan cantik yg masih berumur 2 tahunan.
yang bikin w makin benci sama suku sunda itu ternyata begini.
disore itu waktunya semua karyawan pada pulang, kebetulan w lagi didepan jalan,w liat si teh x lagi diboncengi mesra sama seorang pria menggunakan motor sambil meluk tuh pria gitu. deh..
pikir w kan tuh orang paling suaminya, eh pas besoknya w tanya'teh yg kemaren itu cwonya ya?''
dia dengan enteng tiada dosa menjawab'' bukan itu biasa lah,simpanan, sambil senyum penuh penhianatan..
dalam hati '' parahhh... suami sama anak dicuekkin, eh dia malih asik menebar sensasi, ya ampuunn sunda dasar sundel bolong...

emang benci w ama cewe sunda..
yah walaupun nyokap asli tasik bokap jakarta, klo ada orang nanya ke w aslinya mana, w prefer betawi kemana2 lah.. bukan suku yg hina yang akan tersenyum jika kantong kita tebal dan pergi disaat kita sekarat, emang anjinnkkkkkk nadjiss w dapet orang sunda..
yah walaupun w akui kecantikkannya emang luarrr biasa, tapi klo pribadinya busug,hina tidak terhormat yah buat apa itu kecantikkan, ilfeeel w..
bagi gw lebih baik menikah dengan orang jawa yg miskin hitam manis namun menjaga harga dirinya dan kehormatan dari pada menikah dengan cewe gampangan yang..sudah ah... cape ngetik..

tapi itu sih yg w liat dibagian yang negatifnya aja, mungkin ya tapi mungkin cewe sunda yg terhormat yg jauh dari matre masih banyak bertebaran dibumi ini..
seperti kaka gw kan lahir ditasik gede ditasik juga otomatis jadi cwe sundakan.. dia itu nikah sama orang bandung..tapi toh rumah tangganya selama 5 tahun akur2 aja.. tapi ingett baik2 kaka w ini lulusan pesantren selama 6 tahun ya wajar lah..wkkwkwkwkkwk
mudah2n semua cewe sunda kaya kaka w ya aminn.. deh

tapi ada satu hal yg gw salut sama suku sunda
''sunda itu tidak akan mudah tergoyah iman islamnya walau semiskin apapun dia jika diiming2i kekayaan yg melimpah untuk murtad dari islam.. salut gw...'' dimata sunda itu allah itu yang utama.'' ktimbang orang jawa yg basic imannya lemah..makanya banyak jawa keristen, karna dijual agamanya..

tapi kembali ketopik'' tidaaak akan pernah w kawin dengan cewe sundaaaaaaa''

Anton Rizki mengatakan...

Yah memang sih cw sunda itu begitu,tapi cuman 1 yang masih gw pegang teguh...
Dialami dulu baru berani berspekulasi,jangan cuman krn melihat,mendengar...
Walau kadang gw sakit sih denger cw jlan sama cowo laen,tp tetep aja cowo itu yg gw hajar :D hahaha

anis assegaf mengatakan...

iya sih gan aq ykin aq jg tw gk smua cwek sunda kyak gt,,,tp aqx ngalamin sendiri,, padahal aqx udh berjuang mati''an buat buktiin cwek aq gk termasuk kyak gt,,,,eh trxata emank diax kyak gt,,,,, tp aq gk xalahin smua cwek sunda kyak gt,,, munkin aqx ja yg kbetulan dpet cwek sunda yg kyak gt,,,, jd buat smua orng yg ada di dunia ini ,,jgn pernh salahkn orng krena pengalaman,,belom tentu hari esok sama kyak kmren,,,,,

jimbon mengatakan...

Menurut saya kalo matre itu gimana cewenya biasanya didikan ortu, gw pernah ngerasai pacaran sama berbagai suku di indonesia, ya rata2 gitu jga pas udah serius bangetbaru harta keluarga kita di cek , yang jelas cewe sunda suka besolek , smp aja udah pake make up tapi gpp kan enak dilihat ..

Puri Indriyani mengatakan...

Gw cewe sunda..pas training di bali..cowo2 bali udh stereotype klo cw sunda tuh gampangan n matre..saat itu gw ga tau..krn emg gw suka senyum sm siapa aja,mrk jd gr,ada yg bnrn deketin gw,ada jg yg ngelecehin..mpe akhirnya gw pacaran sm cowo bali yg kbetulan pny mobil..gw disangkain matre sm org2..he..pdhl gw ga prnh minta apa2,tp emg cowonya yg pgn ngasi ini itu..jd salah gw sbg cw sunda?he..klo cowonya emang dermawan,masa rezeki mo qt tolak...ha..suami gw jg org jawa,bbrp x dy pcrn ma org sunda..mpe akhirnya nikah ma gw org sunda tulen..slalu ada disaat dy susah n seneng coz cw mah gmn cowonya juga..imam bs mmperlakukan istrinya dgn baik,pst luluh.tmn gw jg cw jawa tukang selingkuh..suka bersolek juga..bkn cm seorang tp ada bbrp org..yg pasti nyokap gw,tante2 gw sunda tulen,pada setia sm suami...mpe skrg..wlo udh diselingkuhin sm lakinya org betawi tp dy memaafkan..pdhl udh diselingkuhin tuh dibawa hdp menderita pula,diphk dr tmpt kerjanya..intinya,mo suku apa aja,tergantung orangnya..klo nemuin cw ky gitu,itu cw ngetes aja sbrp dermawannya lo..klo tu cw udh jatuh cinta mah;apapun ga brlaku buat cw sunda..go sundanese...

Puri Indriyani mengatakan...

Oya sebenernya ada bbrp alasan knp cewe2 sunda terlihat matre??pertama,cw sunda tuh ramah n mudah jatuh cinta,yg kedua,cw sunda tuh cantik2,so byk laki2 yg manfaatin kcantikannya..trus patah hati deh tuh cewe,sebel jg mungkin sm cowo2 mata kranjang yg cm pgn fisiknya doang..akhirnya..mrk mikir klo cowo2 luar tuh cm mo manfaatin mrk krn fisiknya,akhirnya manfaatin lg aja cowonya dgn morotin hartanya..itu yg terjadi sm bbrp perempuan sunda yg dianggap matre itu..tp bbrp spupuku ada yg bnr2 matre nikah sm suku lain,eh stlh nikah hidupnya mlarat..tp dy ttp setia n telaten rawat anak..pdhl cowonya amit2 deh sifatnya..itulah yg terjadi klo cw sunda udh jatuh cinta sama laki2..loyalitasnya tinggi..klo ada yg ditinggalin sm cw sunda,artinya tuh laki2 ga cukup bs bikin dy jatuh cinta..hahayyy

DevISa mengatakan...

maaf,, saya jadi tertarik buat komen.. hehe..berbagi kisah aja
dulunya saya pernah dibilang sama orang tua begitu, kalo orang sunda itu (maaf) matre.. saya gak serta merta percaya lah.. bagi saya sifat itu tergantung orangnnya dan tergantung kualitas keberagamaannya.. bahkan sampai usia kuliah pun saya gak percaya mitos ini berhubung teman saya banyak yang sunda (cewek-cowok) dan mereka 'alim-'alim..
sampai tiba saat bibi saya menikah dg orang bandung. awalnya saya senang karena di pikiran saya orang bandung itu tutur bicaranya halus mungkin bisa kedapetan halus, maklum saya orang betawi yg sering nyablak,, hehe
eh, tak dinyana... pas baru lamaran aja kelaurga suaminya cuma bawa 5 juta dan diminta lagi 3 juta dengan alasan buat ongkos bayar sewa mobil bandung-jakarta bolak balik. Disini saya agak heran, beneran ga tuh bakalan jadi keluaraga saya.. yaudah, namanya jodoh..berlanjut lah ke pernikahan..
baru beberapa bulan menikah ibu dari suami bibi saya minta uang ke bibi saya dg alasan mau bayar hutang, selang seminggu minta lagi..berturu-turut sampai 4 kali,, padahal bibi dan paman saya cuman buruh yang gajinya 2 jt per bulan..
karena memenuhi permintaan ibunya, akhirnya bibi saya sampe 2 bulan berturu-turut ga dikasih nafkah,,
sampe disini saya baru mengerti mengapa banyak orang yang men-cap orang sunda demikian.
maaf bukan mnegeneralisir, saya hanya berbagi kisah,, salaam.. :)

Agustina Dewa Batara KOPASKA mengatakan...

KENYATA'AN ... cewek sunda emang bukan sekedar matre dan kebanyakan nuntut, malas, sama dengan pelacur , di indonesia nikah kemudian di tinggal di luar negara,nikah lagi sama lain bangsa,kemudian punya anak , eeeh di luar main'nya sama anak anak laki - laki jawa , laki- laki jawa banyak pada di suruh beli'in baju apa-apa,,,,kemudian main sex tanpa sepengetahuan suami, temenku anak bandung yang lain , banyak yang matre kebanyakan ... aku punya temen bule aja di embat , KASIHAN .... kemudian aku di bawa di kenalin sama temen dia sunda juga,aku bener2 marah aku tinggal pulang,aku kasih ucapan DANCOK ke cewek itu.cewek itu kayak gak ada rasa bersalah....GILA....!!!

Robin Satria mengatakan...

Wajar aja klo suaminya selingkuh trus di maafkan.. lha yg penting fulus lancar..coba klo bokek so psti dtendang

Robin Satria mengatakan...

Setuju saya dengan artikel ini..pengalaman saya pacaran dan nyaris menikah dengan cewek bandung tulen..keluarga si cewek tsb berkecukupan..sdng saya bkerja di tambang gransberg freeport di timika. Pernah dan sering saya kirim uang dngn alasan brmacam..tpi tdk tau di apakan uang tsb..smpe suatu hari saya dlm sminggu sya kirm 7 juta..tpi mnggu dpannya sdh mnta lgi tnpa alasan yg jlas..akhirnya dngn berat hati sya relakan dia angkat kaki dr kehidupannku..walalupun gaji saya besar tpi klo cra sperti itu prtanda krang baik..talk less do more sedikit bkerja banyak istirahatnya..

denisa mengatakan...

Saya cwek sunda tp sifat saya dan k2 saya yg cwek tidak seperti itu. Saya akui memang ada cwek sunda yg matre karena saya punya pengalaman ma cwek sunda yg matre dan itu trgantung dri kondisi keluarga + didikan keluarganya. Sebenarnya cwek suku lain pun ada jg yg matre lho... Oh iya cwok jawa jg terkenal sama pelitnya...

Aing Sunda mengatakan...

lebih baik menikah dengan sesama sukunya saja!

karena wanita sunda/mojang priangan itu haknya lelaki sunda

wanita jawa itu haknya lelaki jawa dst.

manusia itu harus tau mana haknya dan mana yang bukan haknya,
yang haknya itu boleh kita ambil, dan yang bukan haknya itu jgn di ambil.

Aing Sunda mengatakan...

Tanpa Ibu Inggit Garnasih,
Bung Karno bukan siapa2x..

anda tahu siapa itu Ibu Inggit Garnasih ?
dia pejuang wanita indonesia sekaligus istri bung karno,
dia asli mojang priangan bandung.

siapa yang biayain bung karno kuliah ?
siapa pula yang memberi fasilitas tempat serta kasih makanan dan minuman ketika ada perkumpulan para pejuang di bandung ketika sukarno masih kuliah ?

JAWABANNYA ADALAH, IBU INGGIT GARNASIH SI MOJANG PRIANGAN BANDUNG. TANPA IBU INGGIT GARNASIH, SUKARNO BUKAN SIAPA2!!

LALU ADA IBU DEWI SARTIKA PEJUANG WANITA ASAL BANDUNG.
DAN MASIH BANYAK LAGI.

KALO KARTINI BAGAIMANA ?
APA SIH JASA DIA ?
CUMA SURAT2AN DOANG ?
MALAHAN BERSAHABAT DENGAN PENJAJAH BELANDA KOK DI ANGGAP PAHLAWAN ?

TERUS DIA MALAH NGELAWAN ORANG TUANYA SENDIRI, GAK BOLEH KELUAR RUMAH MALAH KABUR KELUAR RUMAH PENGEN KETEMU PACARNYA SI PENJAJAH BELANDA... ANEH KOK DI JADIKAN PAHLAWAN NASIONAL

Mas Hamdani mengatakan...

orang sunda itu biar miskin masih ingat Tuhan bahkan diancam suami yg beda agama utk pindah agama . di Papua ini banyak wanita2 cantik dr makassar, bugis , manado , sulawesi, padang , yg pindah agama ikut suaminya stelah punya anak 3 ato 4. alasannya pindah agama krn suaminya mau ceraikan kl istrinya masih sholat dan tidak dpt uang belanja. padahal waktu nikah si suaminya sudah pindah agama dan menikah di masjid. tetangga saya di biak numfor istrinya sunda cantik dan ayu skali tp dpt suami orang biak tukang ojek tp dulunya pernah kerja di swalayan toko hadi. si istri dibolehkan bapaknya nikah sama suaminya itu krn ksepakatan suami harus jd mualaf dulu. eh 4 tahun udah nikah anak 1 dan si suami ajak pindah agama dan diancam g dikasi uang blanja. tp sampai skarang istrinya ini masih Sholat walaupun slalu dilarang bergaul dgn tetangga skitar sama suaminya. so dr sini saya stuju iman seorang wanita sunda gak terbeli walau dibawah siksaan suami sperti itu.

Ken Arok mengatakan...

Saya org malang, asli jawa timur, org malang ditakuti dimanapun krn terkenal diam dan ganas, saya tdk peduli dgn hal itu, ya saya prnh dgr kalo cewek sunda cantik2, saya prnh ke bandung buat membuktikannya, ternyata stlh sampe dibandung semua sama saja, ga ada bedanya, ceweknya juga biasa2 saja, malah udaranya panas bandung, enak dimalang.

Muhammad Rizqi Yusi Noor mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ranti Rizki mengatakan...

alhamdullilah abdi mah bangga janten urang sunda ;)

Ahong 45 mengatakan...

ALAT TERAPI PEMBESAR PENIS


OBAT PERANGSANG WANITA


OBAT VIMAX ASLI DI JOGJA


OBAT KUAT DI JOGJA


ALAT BANTU SEX PRIA


ALAT BANTU SEX WANITA


OBAT PENGENTAL SPERMA


VAKUM PEMBESAR PENIS

nidascasnjaya mengatakan...

rasis bgt lo.gue org sunda,gasemua org sunda sprti apa yg lo omongin!

anggi dwi kurnia sakti mengatakan...

ada yang tau tempat club malam , di jakarta yaitu kali jodoh jakarta barat ?
jika tau masuk lah kesitu , wanita malam nya kebnyaakan prioritas sunda ^_^
kalo saya kan org jawa , jadi ortua saya mengajarkan tidak boleh berhubngan dngan wanita sunda .. :)
itu pendapat saya #

Pinjaman Uang mengatakan...

fakta yg membuktikan bro...coba aja respon dgn data asli

Pinjaman Uang mengatakan...

ya mitos bukan ada dgn sendirinya,,tapi biasanya ada data, pelaku, kejadiannya...dandan, belaja itu wajar aja gan..tapi efeknya jga hrs jgn mementingkan individunya...gitu loh hrs berbagi ke keluarga lain...termasuk ipar, tetangga,,,jgn duit, duit, isi otaknya....

misal begini

semua duit suami utk istri/keluarga istri...itu konyol namanya mau menguasai...

klo buat dandan, matre buat sewajarnya no problem gan..

kalo masalh perempuan malam di klub 2x mlm jakarta banyak cewek sunda, d\pedangdut, sampai rocker itu mah kerjaan bro...bukan berart semua cewek sunda matre/tkg mesum....

cuman semua itu jadi image cewek sunda seperti itu..itu masalahnya bro...misal gini kalo pinjam uang di leasing banyak yg gagal bayar utang,,,,sebab si mr x data recornya jelek disemua bank/leasing karena image si peminjam yg jelek maka walaupun ia pinjam dgn memelas pun ga bakalan diterima bank/leasing..soal image udh jelek dari awal bro....

Pinjaman Uang mengatakan...

Mau pinjam uang jaminan bpkb mobil / motor hub saya aja teteh rico : buka web nya

<a href="http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.co.id/2013/04/pinjaman-uang-bpkb-mobil-depok.html'>pinjaman uang jaminan bpkb</a>

Pinjaman Uang mengatakan...

yoi bro pinjam uang dimari aja

pinjaman uang jaminan bpkb mobil motor

Pinjaman Uang mengatakan...

org sunda mah baik baik atuh kang nih aku teteh rico baloteli buktinya mau pinjamin kamu pinjama uang...kumaha kang, teteh hehe....

buka blog nya aja

Unknown mengatakan...

Dari baca artikel ini saya tertarik aja buat comment hehe
Saya cewek asli sunda, ayah tasik ibu kuningan
Di sini pada ngomongin cewe sunda matre ya, saya mau lurusin aja lah
Aneh ga sih, saya aja baru tau cewe sunda matre itu dari kakak saya, kakak saya juga asli sunda lah ya
Kata dia : tau ga sih? Cewe sunda itu terkenal matre.
Lah saya kaget. Masa sih? Kata siapa? Gitu
Okey, pada dasarnya, semua cewe menurut saya itu matre, sedikit aja pasti ada sifat matrenya
Mengharap diberi, pasti ada, tapi kalo engga juga ya gapapa
Gini deh, sekarang pikirin aja, cewe mana yang mau punya pacar kere? Jangan pacar lah, suami, pacar masih terlalu jauh
Pasti kalian, cewe cewe jangan munafik lah, punya suami tajir itu siapa sih yang mau nolak? Okey semuanya atas dasar cinta, tapi kalau KEBETULAN si doi sukses ya alhamdulillah kan?
Cewe sunda juga memang terkenal fashionable, fashionista emang ini yang saya rasakan
Gaya hidupnya memang sedikit borju, tapi buat tampil cantik emang itu mah bawaan semua cewe kan?
Sebenernya banyak yang pengen saya omongin, tapi disini kan ga kekontrol juga, saya gabisa liat siapa yang bales
Intinya, ga semua cewe sunda itu kayak gitu, yang kayak gitu cuma 1 dari 1001, itu mah kebetulan aja sundanya dapet yang jelek

Bagi yang lagi pdkt sama cewe sunda dan mau kenal lebih dalam gimana sih cewe sunda itu, bisa lah ya pc saya di : andinif12@gmail.com

Saya seneng punya banyak temen dan terbuka bagi semua orang :)

Andini Fitriani Dewi mengatakan...

Dari baca artikel ini saya tertarik aja buat comment hehe
Saya cewek asli sunda, ayah tasik ibu kuningan
Di sini pada ngomongin cewe sunda matre ya, saya mau lurusin aja lah
Aneh ga sih, saya aja baru tau cewe sunda matre itu dari kakak saya, kakak saya juga asli sunda lah ya
Kata dia : tau ga sih? Cewe sunda itu terkenal matre.
Lah saya kaget. Masa sih? Kata siapa? Gitu
Okey, pada dasarnya, semua cewe menurut saya itu matre, sedikit aja pasti ada sifat matrenya
Mengharap diberi, pasti ada, tapi kalo engga juga ya gapapa
Gini deh, sekarang pikirin aja, cewe mana yang mau punya pacar kere? Jangan pacar lah, suami, pacar masih terlalu jauh
Pasti kalian, cewe cewe jangan munafik lah, punya suami tajir itu siapa sih yang mau nolak? Okey semuanya atas dasar cinta, tapi kalau KEBETULAN si doi sukses ya alhamdulillah kan?
Cewe sunda juga memang terkenal fashionable, fashionista emang ini yang saya rasakan
Gaya hidupnya memang sedikit borju, tapi buat tampil cantik emang itu mah bawaan semua cewe kan?
Sebenernya banyak yang pengen saya omongin, tapi disini kan ga kekontrol juga, saya gabisa liat siapa yang bales
Intinya, ga semua cewe sunda itu kayak gitu, yang kayak gitu cuma 1 dari 1001, itu mah kebetulan aja sundanya dapet yang jelek

Bagi yang lagi pdkt sama cewe sunda dan mau kenal lebih dalam gimana sih cewe sunda itu, bisa lah ya pc saya di : andinif12@gmail.com

Saya seneng punya banyak temen dan terbuka bagi semua orang :)

Andini Fitriani Dewi mengatakan...

Oh iya, berbagi pengalaman aja ya
Saya seneng cerita cerita soalnya hehe
Saya kan orang sunda nih, punya pacar cowo jawa, kita LDR ceritanya
Tanpa sepengetahuan saya, ternyata saya jadi pacarnya dia tuh posisinya sebagai selingkuhan
Sebelum pacaran sama saya, dia udah punya pacar duluan
Saya tau ini karena si pacar lama pacar saya ngontek saya, dia ngaku bahwa dia itu pacarnya sebelum pacaran sama saya, dia diduain gitu
Emang dasar saya yang udah kepalang cinta sama dia, yaudah saya terusin aja pacarannya
Dan sampe sekarang saya berhubungan baik dengan pacar lama pacar saya yang notabene mereka udah putus setelah tau pacar saya pacaran sama saya
Soal matre engganya, saya ga pernah minta apa apa sama pacar saya, paling minta waktu aja buat sekedar bales bbm hehe

Dah yaa jangan sembarangan lagi ngejudge cewe sunda ini itu, kalian gatau dalemnya
Jujur aja, saya sedih banget baca komentar komentar di atas
Hey, ga semua cewe sunda itu buruk seperti yang kalian kenal
So, jangan menilai suatu suku hanya karena satu orang😉

Andini Fitriani Dewi mengatakan...

Oh iya, berbagi pengalaman aja ya
Saya seneng cerita cerita soalnya hehe
Saya kan orang sunda nih, punya pacar cowo jawa, kita LDR ceritanya
Tanpa sepengetahuan saya, ternyata saya jadi pacarnya dia tuh posisinya sebagai selingkuhan
Sebelum pacaran sama saya, dia udah punya pacar duluan
Saya tau ini karena si pacar lama pacar saya ngontek saya, dia ngaku bahwa dia itu pacarnya sebelum pacaran sama saya, dia diduain gitu
Emang dasar saya yang udah kepalang cinta sama dia, yaudah saya terusin aja pacarannya
Dan sampe sekarang saya berhubungan baik dengan pacar lama pacar saya yang notabene mereka udah putus setelah tau pacar saya pacaran sama saya
Soal matre engganya, saya ga pernah minta apa apa sama pacar saya, paling minta waktu aja buat sekedar bales bbm hehe

Dah yaa jangan sembarangan lagi ngejudge cewe sunda ini itu, kalian gatau dalemnya
Jujur aja, saya sedih banget baca komentar komentar di atas
Hey, ga semua cewe sunda itu buruk seperti yang kalian kenal
So, jangan menilai suatu suku hanya karena satu orang😉

vreatice mengatakan...

gini yaa...
yang namanya cewek baik-baik atau cewek yang gak baik sebenernya gak tergantung asal daerahnya sih. ini lucu. gak cuma di bandung aja ada cewek-cewek dengan kriteria kayak gitu di jakarta juga pasti ada, di jawa sendiri pun pasti ada, di semua daerah pasti ada. cuma yang jadi masalah kenapa cewek sunda kebanyakan dijudge buruk?
Nah, gini mungkin karena dulu waktu jaman penjajahan, bandung itu sebelum resmi menjadi kota, awalnya bandung itu tempatnya hiburan, refreshing, buat melepas penat para pendatang. Ya sebutan bandung sebagai kota kembang juga dulu kan diartikan sebagai tempat yang 'menyimpan' gadis-gadis cantik untuk hiburan para hidung belang. ITU DULU waktu jaman penjajahan.
sampai akhirnya bandung berubah dan resmi jadi kota, tapi beberapa orang yang sempat tahu bagaimana wajah bandung tempo dulu masih menganggap cewek-cewek sunda khususnya yang ada di bandung itu bukan cewek baik-baik. Jadi akhirnya mereka yang masih dengan pandangan cewek bandung bukan cewek baik-baik, menasihati anak cucu nya supaya gak nikah sama orang bandung yang dimana anak cucu nya sendiri gak tau latar belakang bandung dulu kenapa sampai ada opini cewek bandung bukan cewek baik-baik.
alhasil, kebanyakan cewek bandung nikah sama orang bandung lagi dehh..

Unknown mengatakan...

Mau sunda, jawa, padang, batak, bugis, dayak, bali, papua, apapun itu sukunya, inilah Indonesia yg penuh dengan keanekaragaman.. setiap suku itu punya plus minusnya, tapi jgn jadikan hal itu sebagai acuan tuk men-jugde sebuah suku.. that's a racist, and don't be a racist guys..
Sedih rasanya denger opini dan stigma negarif yg berkembang di masyarakat tentang suku2 di Indonesia, antara lain :
1.jawa itu kolot
2.sunda itu matre
3.padang itu pelit
4.batak itu kasar
5.betawi itu nyablak
6.ambon itu braninya keroyokan
7.madura itu penyerobot
Dan bla bla bla......... come on, that's a bullshit..
Ayoo lah, jgn pecah belah bangsa hanya karena opinion yg gak bermutu.. jadikan perbedaan antar suku sebagai warisan budaya, dan jangan saling menjelekan.. sudah banyak contoh gejolak konflik antar suku yg berakhir tragis, dan cenderung dimulai hanya krn opini2 seperti diatas.. amit amit jabang bayi jangan sampai kejadian lagi macam di poso, ambon, sampit, lampung n daerah lainnya yg pernah trjadi gesekan antar suku..
Remember guys, this is Indonesia.. negara yg merdeka karena perjuangan dan persatuan seluruh rakyatnya, negara yg terbentuk dari gabungan ras dan suku mulai dari sabang sampai merauke, negara yg berdiri karena rasa senasib sepenanggungan seluruh rakyatnya.. sekali lagi kita ini Indonesia, satu nusa satu bangsa satu bahasa..

Saya orang jawa timur tulen, bapak lamongan ibu nganjuk dan saya menghargai seluruh keanekaragaman yg ada di negara ini.. salam damaii..

putra mahardhika mengatakan...

Mau sunda, jawa, padang, batak, bugis, dayak, bali, papua, apapun itu sukunya, inilah Indonesia yg penuh dengan keanekaragaman.. setiap suku itu punya plus minusnya, tapi jgn jadikan hal itu sebagai acuan tuk men-jugde sebuah suku.. that's a racist, and don't be a racist guys..
Sedih rasanya denger opini dan stigma negarif yg berkembang di masyarakat tentang suku2 di Indonesia, antara lain :
1.jawa itu kolot
2.sunda itu matre
3.padang itu pelit
4.batak itu kasar
5.betawi itu nyablak
6.ambon itu braninya keroyokan
7.madura itu penyerobot
Dan bla bla bla......... come on, that's a bullshit..
Ayoo lah, jgn pecah belah bangsa hanya karena opinion yg gak bermutu.. jadikan perbedaan antar suku sebagai warisan budaya, dan jangan saling menjelekan.. sudah banyak contoh gejolak konflik antar suku yg berakhir tragis, dan cenderung dimulai hanya krn opini2 seperti diatas.. amit amit jabang bayi jangan sampai kejadian lagi macam di poso, ambon, sampit, lampung n daerah lainnya yg pernah trjadi gesekan antar suku..
Remember guys, this is Indonesia.. negara yg merdeka karena perjuangan dan persatuan seluruh rakyatnya, negara yg terbentuk dari gabungan ras dan suku mulai dari sabang sampai merauke, negara yg berdiri karena rasa senasib sepenanggungan seluruh rakyatnya.. sekali lagi kita ini Indonesia, satu nusa satu bangsa satu bahasa..

Saya orang jawa timur tulen, bapak lamongan ibu nganjuk dan saya menghargai seluruh keanekaragaman yg ada di negara ini.. salam damaii..

Mochamad Riza Ayatullah mengatakan...

Itu karena gaya hidup yang semakin TINGGI.
Penduduk di Jawa Barat adalah penduduk yang terbesar dan terpadat di Indonesia.
Semua suku/Bangsa berkumpul di Jawa Barat.
Termasuk Sunda, karena orang Sunda itu merasa pribumi dan merasa kalah saing dengan pendatang.
Gaya hidup yang semakin tinggi.
Kebutuhan yang semakin mahal.
Pada akhirnya banyak orang Sunda yang memikirkan duniawi ketimbang akhirat.

Apalagi Jawa Barat itu dekat dengan Jakarta yang mau tidak mau pasti banyak pendatang yang singgah di Jawa Barat membangun rumah dll.

Coba liat di Papua, disana sepi.
Ada pernah denger mitos cewek papua matre dll ? Gak pernah kan!
Ya iyalah di Papua sepi gak banyak pendatang yang tinggal disana, sedikit pendatang yang kuliah di papua.

Bayangkan kalo Jawa Barat tidak banyak diminati pendatang untuk jadi tempat tinggal dll ?
Mungkin orang Sunda juga gak akan kesaingan sama pendatang
Meskipun ibu kota Indonesia dipindahin ke Kalimantan juga, Jawa Barat akan tetap padat penduduk, soalnya nyaman untuk tempat tinggal, membangun rumah, usaha, menuntut ilmu terutama para pria non sunda berburu wanita-wanita cantik di jawa barat.

Makanya setiap mudik lebaran atau liburan pasti jawa barat macet jalanan,
Yang krna imbasnya penduduk asli jawa barat.

Semakin wilayah padat penduduk, gaya hidup, kebutuhuan semakin tinggi, pastilah kriminal tinggi, menghalalkan segala cara demi bertahan hidup.


Harusnya Indonesia dijadikan lagi seperti Perserikatan, Negara Pasundan, Negara Papua, Negara Jawa Timur dll.

Biar adil merata, masing masing penduduk aslinya gak kalah saing dengan pendatang, yang bisa menimbulkan kriminal, matre dll.

dyca mengatakan...

Cewe sunda itu matre, lonte, tukang selingkuh, morotin duit, munafik.
Saya org Sumatera bkn jawa, jd bagi org sunda suka ga suka memang begitulah kalian terlahir.
Hati2 yg cina, itu inceran mereka karena anggapan duitnya banyak.
Cewe sunda itu kodratnya jadi lonte, jadi jangan sampe nikah sama orang sunda, mereka itu terlahir cuma buat dientot. Itu udah kebukti seantera Indonesia, tanya ke suku manapun, pasti jawabnya jangan pacaran atau nikah sama org sunda, mereka itu lonte, matre, doyan selingkuh, morotin.
Yang sunda mau marah silakan, karena itu kenyataan....

Alek Minang mengatakan...

Saya orang padang. Dari kecil sudah di ajarin merantau sama orang tua di kampung. Terakhir ayah ibu berpesan "kamu jangan cari pasangan orang sunda. Nanti kamu bisa jadi laki-laki culun. Matre dan di selingkuhi. Kasian anak-anakmu nanti". Entah bener atau engga, yg jelas pesan orangtua itu biasanya bener

jalansantai mengatakan...

saya lahir murni garis keras org sunda,
kami cwe sunda di didik ramah, DNA kami itu menyenangkan org lain, soal matre atau gak, itu tergantung orgnya.. mantan suami saya jawa, sy tinggalkan dia krn dia selingkuh dan bikin saya jadi roda selama menikah.. nah klo kebetulan saya nanti dapat org yg penghasilannya lebih baik kan bkn berarti saya matre, tapi karna saya belajar dari pengalaman. ini soal bertahan hidup, selama tidak merugikan siapa2 knp harus judge suku.. toh klo pun benar kami matre, mungkin pihak laki2nya jg yg tanpa sadar memanjakan kami dgn hal bgitu.

Nasrullah Magetan mengatakan...

aaaaaaaaaaaaa............ krj di jabar, dpt kenalan, dia nantang utk serius, tp saya udah keracunan stigma "cewek sunda matre"..

dave cool mengatakan...

menurut saya cewek sunda matre and doyan selingkung kurang bener ya, saya aj di tolak sama cewe Sunda padahal ekonomi sama status sosial saya jauh di atas dia,n sama pacar barunya setia bgt😯. sedih ane😥

Rida Mutia mengatakan...

Gw cewek sunda tulen asli tasikmalaya,,,emang cewe tasik mah udh kesohor cantik2 katanya,, begini nih yehh klo masalah matre trgantung sikon,,prilakunya ramah,tutyur katanya lemah lembut,sayang orangtua,,, klo ada cwe sunda yg jahat atau kasar itu hnya ebagian kecil saja,,, klo gak percaya silahkan tinggal di daerah pasundan slm 3 thn minimal,selain berbudaya jg agamis,, jd jgn asal jeplak klo bicara,, aku sbagia org sunda jg suka denger org minang pelit,batak kasar,jawa pelit,,, alaah berfikir luwes ajja kali kita org sekolahan,,,gak semua org di setiap daerah itu berwatak sama,semuanya trgantung karakter,, mungkin dr luar dia jelek tpi dr hati lain lagi,,, jg jgn smbarangan judge sm suku2 indonesia donk hanya dr perspektif kecil saja

Erwan Cerentio mengatakan...

Saya sangat sedih ketika akan menuliskan ini, tapi ini benar benar terjadi. Saya dulu sangat tidak percaya dengan mitos tentang wanita atau cewe sunda yang bla bla bla. Dengan tidak menaruh kecurigaan sedikitpun bahkan sebutir kuku hitampun, saya tidak keberatan sama sekali benar benar ridho ikhlas lillahita'alla kakang lelaki saya menikah dengan gadis sunda. Pernikahannya sangat ramai dan mewah baik di Tasikmalaya ataupun di Yogyakarta. Dengan ringan tangan dan bahagia semuanya saya yang ngurusi karena kebetulan saya seorang WO (wedding organizer), akad nikah dilakukan di masjig agung Tasikmalaya, keluarga, kerabat dan tetangga Jogja kami ajak dan saya carikan hotel untuk menginap di sana, makan dll semua saya yang urusi. Sampai kepada resepsinya juga dilaksanakan di sebuah gedung terbesar dan termegah se Tasikmalaya. Kemudian acara ngunduh mantu nya juga dilaksanakan di gedung terbaik di Yogyakarta, Semua keluarga, kerabat dari Tasikmalaya juga saya carikan penginapan yang bagus di Jogja dan saya yang mengurusinya. Pada awal awal pernikahan mereka, semua berjalan baik seperti dugaan saya, tapi setelah menginjak tahun ke tiga dari pernikahan mereka, semua berasa berbalik 180 derajat. Saya sedih sekali, sekarang kangmas saya masih bertahan dengan istrinya, tapi melihat wajah kangmas saya, saya merasa kasian. Kangmas saya jadi kelihatan jauh lebih tua dari usianya, kurang istirahat, tidak bahagia, tidak terusrus dan kariernya tidak ....aahh entahlah, Saya hanya berdoa semoga kakak saya selalu sehat, dimudahkan, karena saya juga percaya "dialah" (wanita sunda itu) sudah menjadi garis jodoh kangmasku. Kasian juga anak anak nya yang 3 orang cewek semua jika terjadi perceraian dari mereka.

Posting Komentar