Kluwak

Suara menghentak terdengar ketika sesosok hitam kuat terus menerus menimpanya. Ia tak berdaya. Perlahan namun pasti pertahanan dirinyapun goyah. Ia tak kuasa ketika tubuhnya mulai melemah hingga akhirnya pecah terbelah. Belahan yang membuat setiap mata dapat melihat isi di dalam tubuhnya. Lalu tersingkaplah sesuatu yang kental dan sangat pekat. Sari-sari yang menjadi sumber kenikmatan dan kelangsungan hidup, yang dikeruk tanpa ampun hingga tak bersisa lalu berakhir menjadi kepingan hampa di dalam tong sampah tanpa daya.

---------------------------------------------

Percobaan memasak rawon mengenalkan saya dengan kluwak/ kloak yang memiliki nama spesies Pangium edule Reinw. Kluwak adalah biji dari pohon kepayang. Biji kluwek dapat digunakan sebagai salah satu bahan masakan Indonesia yang memberi warna hitam. 


Biji Kluwak
Bagian dari kluwak yang digunakan sebagai bahan membuat bumbu rawon adalah isi di dalamnya yang berwarna hitam kental. Untuk mengambilnya, biji kluwak dipecahkan terlebih dahulu menggunakan ulekan.

Isi Kluwak setelah dipecahkan
Salut biji ini dapat diolah menjadi makanan dan aman dikonsumsi jika telah direndam atau direbus terlebih dahulu. Jika tidak, biji kluwak dari pohon kepayang ini dapat menjadi racun karena mengandum asam sianida dalam konsentrasi tinggi dan bila dimakan dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan pusing/ mabuk. 

Ungkapan 'mabuk kepayang' yang menggambarkan seseorang yang sedang jatuh cinta sehingga tidak dapat berpikir logis ini mungkin berasal dari sini. Jika dikonsumsi langsung tanpa diolah dan dengan kadar berlebihan dapat menyebabkan keracunan :D

0 komentar:

Poskan Komentar