Menikmati Bosan

I have to use all these programs that cut off internet, force me to be bored, because being bored is an essential part of writing, and the internet has made it very hard to be bored. -Graham Linehan dalam Guardian (penulis komedi)

Bosan. Membuka laptop, mencari hal yang menarik, cek facebook, pinterest, dll berharap menemukan inspirasi atau hanya sekedar “killing time”. Terkadang saya berpikir banyak sekali saya mendapat informasi yang mungkin tidak saya perlukan, Pikiran semakin jenuh. Akhirnya membaca novel sebagai pelarian.

Saya mendapati hal menarik bahwa ketika saya merasa bosan, dan saya lawan rasa bosan tersebut sendiri, dengan hanya menatap layar kosong untuk mencoba menulis, atau mengambil buku catatan dan mulai menuliskan hal-hal random, saya mulai menerima kebosanan tersebut. Ketika saya mau mulai bersabar, maka kebosanan dengan sendirinya berubah menjadi keingintahuan, lalu menjadi ketertarikan. Saya mendapati bahwa kebosanan adalah pengalaman menarik sebelum menciptakan sesuatu.

Pola itu semakin terlihat jelas. Awalnya merasa bosan, lalu ingin tahu, keingintahuan berubah menjadi ketertarikan dan berakhir dengan penciptaan. Saya mulai memahami bahwa kebosanan adalah salah satu bagian dari proses. Sekarang saya mulai sedikit mengerti maksud dari ucapan Graham Linehan.  

0 komentar:

Poskan Komentar