keindahan masjid salman

Masjid salman berada tepat di depan kampus ITB . sepintas orang mungkin tidak menyadari bahwa bangunan itu merupakan bangunan masjid. Bangunan ini berbeda dengan bangunan masjid yang biasanya memiliki kubah. Ya, kubah merupakan ciri dari masjid yang paling mudah. Hampir semua masjid menggunakan kubah sebagai identitasnya dengan ujung yang meruncing dan mengarah keatas.

Keindahan yang ada pada masjid salman ini adalah bentuknya yang dihasilkan dari metafora. Bentuk atap berupa lengkungan yang menengadah, menggambarkan tangan yang sedang terbuka dan memanjatkan doa. Bentuk inipun dapat menggambarkan buku yang sedang terbuka. Merupakan simbol sebagai sarana untuk mendapatkan kebenaran dengan terus mencari, hal yang sama dengan membaca.

Dengan bentuk atap yang seperti ini, air hujan yang merupakan anugrah dari tuhan dapat tertampung sehingga dapat digunakan untuk air wudhu. Teknologi dan kreatifitas dari sang arsitek membuat bangunan ini sarat makna dan berfungsi lebih.

Pada bagian fasadnya, bangunanmasjid salman merupakan secondary skin yang merupakan tembok dengan lubang-lubang yang dapat menhasilkan pantulan sinar matahari yang masuk melalui sela-sela lubang tersebut kedalam ruangan dan bergerak berubah seiring arah pergerakan matahari. Hal ini mengingatkan keesaan tuhan yang memberikan kita energi yang luar biasa dari matahari dan mengingatkan bahwa waktu terus berputar. Pantulan cahaya tersebutpun memberikan keindahan tersendiri dan menguatkan perasaan yang mendalam ketika kita berkontemplasi didalamnya.

Selain itu bangunan ini memiliki plafon yang tinggi. Hal ini memberikan kesan luas dan megah, namun dengan penggunaan kayu sebagai penutup lantai, dihasilkan suasana yang hangat ketika kita bersujud di dalamnya, bahkan tanpa menggunakan sajadah dan juga memberikan kemudahan dalam maintenance, dimana kebersihan merupakan keharusan ketika beribadah. Seperti dalam islam, Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Itulah sedikit keindahan dari masjid salman. Masjid yang unik dan mendobrak tipologi mesjid yang selalu menggunakan kubah. bentuk yang simpel dalam bentuk, komposisi , material. Bangunan mesjid ini menggambarkan filosofi islam yang mengajarkan untuk hidup tidak berlebih-lebihan :) 

0 komentar:

Poskan Komentar