selamat tahun baru





Selamat tahun baru!!. Hari ini tanggal 1 muharram dalam penanggalan islam. Kalau tidak salah dalam islam tanggal satu muharram merupakan tanggal dimana nabi muhammad melakukan hijrah dari mekkah ke madinah.

Tanggal satu muharram atau tahun baru islam ini berbarengan dengan tanggal 1 suro dalam tahun saka penanggalan jawa. Saya sempat bingung kenapa penanggalan saka berbarengan dengan hijriah, ternyata setelah nonton di metro tv kemarin itu merupakan salahsatu cara pada masa lampau untuk mengenalkan islam kepada masyarakat Jawa. Jadi sultan saat itu mengeluarkan kebijakan untuk menyamakan tahun saka dengan tahun hijriah dan memperingati tahun baru secara berbarengan (telat banget ya baru tau :p, CMIIW)

Banyak upacara yang dilakukan dari perayaan tahun baru satu suro ini. Biasanya masyarakat jawa berkumpul di alun-alun, pantai selatan maupun keraton untuk melaksanakan tradisinya. Ternyata bukan hanya masyarakat jawa timur dan jawa tengah saja, pada masyarakat jawa barat pun ternyata dikenal perayaan ini, seperti yang dilakukan di padepokan Galeuh Pakuan Pajajaran Gunung Simpai yang berada di Sumedang.

Tidak bisa bercerita banyak. Saya tidak tahu seperti apa rangkaian perayaan-perayaan tersebut, penasaran sih, mencoba mengajak beberapa orang yang mungkin tertarik untuk melihat perayaan yang ada di Jogja, sayangnya belum ada yang bisa. Semoga tahun depan masih ada kesempatan untuk melihat salah satu tradisi kebudayaan masyarakat Jawa tersebut :)


0 komentar:

Poskan Komentar